Visi misi

Sambutan Kepala Dinas


Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Salam sejahtera bagi kita semua, Puji syukur kami panjatkan kehadirat ALLAH SWT atas limpahan rahmat dan karunia-Nya kepada kita semua, sehingga kami dari Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Deli Serdang telah berhasil membangun website, yang diharapkan sebagai salah satu upaya penyebarluasan informasi seputar program serta kegiatan perpustakaan dan kearsipan. Perpustakaan berusaha melayani penyediaan akses informasi dalam upaya untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Sedangkan kearsipan berorientasi pada program pengelolaan dan pelestarian dokumen sebagai alat bukti serta akuntabilitas kinerja.

Perkembangan dunia internet dewasa ini yang berkembang begitu pesat merupakan salah satu indikator kemajuan teknologi informasi dan komunikasi di indonesia, hal ini terbukti dengan meratanya akses internet hingga ke pelosok desa. Internet sebagai media informasi super cepat ini nampaknya telah menjadi salah satu kebutuhan pokok informasi bagi rakyat yang boleh dibilang murah. Perkembangan Internet yang begitu pesat tentu banyak membawa dampak bagi dinamika masyarakat kita. Fenomena ini menjadi salah satu tantangan bagi kita. Kehadiran Website ini diharapkan dapat menjawab berbagai tantangan diatas sekaligus memudahkan penyampaian informasi secara terbuka kepada masyarakat di Kabupaten Deli Serdang serta instansi lain yang terkait. Selain sebagai media publikasi dan promosi, juga dapat menjadi sarana komunikasi interaktif sehingga memberikan manfaat yang seluas-luasnya bagi semua pihak Semoga dengan kehadiran Website ini dapat mempermudah masyarakat dalam mengakses informasi mengenai perpustakaan dan arsip mengingat kondisi demografis wilayah Kabupaten Deli Serdang yang luas, maka kehadiran website ini dapat menjadi solusi terbaik untuk memperoleh informasi dengan cepat.

Akhirnya kami mengharapkan masukan dan saran dari berbagai pihak untuk website ini agar kami terus belajar dan meng-up date diri, sehingga tampilan, isi dan mutu website akan terus berkembang dan lebih baik. Demikian dan terima kasih.

Wallahul Muwaffiq Ila Aqwamitthorieq Wassalamu'alaikum Wr. Wb.



Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Deli Serdang

Drs. H. MISRAN SIHALOHO, M.Si.




VISI :


"DELI SERDANG YANG MAJU DAN SEJAHTERA DENGAN MASYARAKATNYA YANG RELIGIUS DAN RUKUN DALAM KEBHINEKAAN"

Arti yang terkandung dalam visi dimaksud yaitu:



a) Deli Serdang yang maju dan sejahtera adalah Kabupaten Deli Serdang yang memiliki sumber daya manusia yang berkualitas, ketersediaan infrastruktur yang baik, dan terpenuhinya kebutuhan masyarakat melalui percepatan pembangunan di seluruh bidang yang berkeadilan serta berwawasan lingkungan.

b) Masyarakat yang religius dan rukun dalam kebhinekaan adalah menjadikan Kabupaten Deli Serdang yang masyarakatnya memiliki tingkat keimanan dan ketaqwaan yang teguh kepada Tuhan Yang Maha Esa, menjunjung tinggi nilai dan norma kerukunan antar umat beragama, etnis, budaya dan hak azasi manusia.



MISI :


Dalam rangka pencapaian visi yang telah ditetapkan dengan memperhatikan kondisi dan permasalahan yang ada, tantangan kedepan, serta memperhitungkan peluang yang dimiliki, maka ditetapkan 5 (lima) misi Pembangunan Jangka Menengah Daerah Kabupaten Deli Serdang tahun 2019 - 2023, yaitu :

Meningkatkan sumber daya manusia yang berkualitas dan berdaya saing yang mampu memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi. Misi ini dimaksudkan guna menciptakan masyarakat Deli Serdang yang berwawasan luas dan maju, peduli akan kesehatan, serta kemudahan dalam pemanfaatan teknologi. Untuk itu perlu dilakukan langkah-langkah yang tepat dalam akselerasi pelayanan pendidikan dan kesehatan, serta informasi dan teknologi yang handal.

2. Meningkatkan kemandirian dalam memantapkan struktur ekonomi yang kokoh berlandaskan keunggulan kompetitif. Misi ini bertujuan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan penguatan daya saing daerah serta kesejahteraan masyarakat melalui pemberdayaan dan pembinaan kepada masyarakat sehingga memberikan dampak kesempatan bekerja dan kemandirian dalam berusaha.

3. Meningkatkan sarana dan prasarana sebagai pendukung pertumbuhan ekonomi yang berorientasi kepada kebijakan tata ruang serta berwawasan lingkungan. Misi ini dimaksudkan agar pembangunan dan pengembangan wilayah dilakukan secara merata dan dilakukan dengan tetap memperhatikan kelestarian lingkungan serta peningkatan pendapatan masyarakat secara merata.

4. Meningkatkan tatanan kehidupan masyarakat yang religius, berbudaya dan berakhlakul karimah, berlandaskan keimanan kepada Tuhan Yang Maha Esa serta dapat memelihara kerukunan, ketentraman dan ketertiban. Misi ini bertujuan untuk meningkatkan suasana kehidupan yang aman dan nyaman, rukun, bermoral tinggi, religius, dan menjunjung tinggi nilai-nilai budaya.

5. Meningkatkan profesionalisme aparatur pemerintah untuk mewujudkan tata pemerintah yang baik dan bersih (good &clean governance) berwibawa dan bertanggung jawab. Misi ini berguna untuk mewujudkan tata pengelolaan pemerintahan yang baik, bersih dan profesional dalam menjalankan roda pemerintahan serta memberikan kepercayaan yang penuh kepada masyarakat.