Sejarah

Latar belakang terbentuknya Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Deli Serdang berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Deli Serdang Nomor 3 Tahun 2016 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah Kabupaten Deli Serdang, dan Peraturan Bupati Deli Serdang Nomor 2233 Tahun 2016 Tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas dan Fungsi Serta Tata Kerja Perangkat Daerah. Sebelumnya merupakan Kantor Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi Kabupaten yang dipimpin oleh seorang Kepala Kantor dan dibantu oleh seorang Kepala Tata Usaha dan 3 Kepala Seksi yaitu Kepala Seksi Perpustakaan, Kepala Seksi Arsip dan Kepala Seksi Dokumentasi Kabupaten Deli Serdang. SUMBER DAYA MANUSIA ( SDM ) Untuk mendukung kinerja Dinas Perpustakaan dan Arsip memiliki 31 orang jumlah aparatur sipil negara. Dari jumlah tersebut diatas, yang menduduki jabatan sebanyak 1 (satu) orang eselon II, 1 (satu) orang eselon III/a, 4 (empat) orang eselon III/b, 10 (sepuluh) orang eselon IV, dan 15 (lima belas) orang lainnya merupakan tenaga teknis.

Kepala Dinas Membantu Bupati melaksanakan urusan pemerintahan bidang perpustakaan dan arsip yang menjadi kewenangan daerah dan tuga pembantu yang diberikan kepada Kabupaten 1. Perumusan kebijakan dibidang perpustakaan dan arsip

2. Pelaksanaan kebijakan dibidang pengendalian perpustakaan dan arsip

3. Pelaksanaan evaluasi dan pelaporan dinas dibidang perpustakaan dan arsip

4. Pelaksanaan administrasi dibidang perpustakaan dan arsip

5. Pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh Bupati terkait dengan tugas dan fungsinya
Sekretaris Dinas Membantu Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip dalam melaksanakan tugas dalam lingkup Sekretariat 1. Penyusunan rencana program dan anggaran dinas

2. Pelaksanaan tugas secretariat dinas yang meliputi administrasi umum dan kepegawaian, keuangan dan program

3. Pembinaan monitoring, evaluasi dan laporan kegiatan secretariat

4. Pelaksanaan koordinasi penyelenggaraan kesekretariatan di lingkungan dinas
Bidang Pengelohan Layanan dan Pelestarian Bahan Perpustakaan Membantu Kepala Dinas Perpustakan dan Arsip melaksanakan tugas pada lingkup Bidang Pengolahan Layanan dan Pelestaraian bahan Perpustakaan 1. Penyiapan bahan perumusan kebijakan dalam Bidang Pengolahan Layanan dan

Pelestarian bahan Perpustakaan 2. Penyia[pan bahan koordinasi perencanaan program dalam Bidang Pengolahan Layanan dan Pelestarian Bahan Perpustakaan

3. Pelaksanaan monitoring dan evaluasi pada Bidang Pengolahan Layanan dan Pelestarian Bahan Perpustakaan
Bidang Pengembangan Perpustakaan dan Pembidayaan Kegemaran Membaca Membantu Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip dalam melaksanakan tugas pada lingkup Bidang Pengembangan Perpustakaan dan Pembudayaan Kegemaran Membaca 1. Penyiapan bahan perumusan kebijakan dalam Bidang Pengembangan Perpustakaan dan Pembudayaan Kegemaran Membaca

2. Penyiapan bahan koordinasi perencanaan program dalam Bidang Pengembangan Perpustakaan dan Pembudayaan Kegemaran Membaca

3. Pelaksanaan monitoring dan evaluasi pada Bidang Pengembangan Perpustakaan dan Pembudayaan Kegemaran Membaca
Bidang Pembinaan dan Pengawasan Kearsipan Membantu Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip dalam melaksanakan tugas pada lingkup Bidang Pembinaan dan Pengawasan Kearsipan 1. Penyiapan bahan perumusan kebijakan dalam Bidang pembinaan dan Pengawasan Kearsipan

2. Penyiapan bahan koordinasi perencanaan program dalam Bidang Pembinaan dan Pengawasan Kearsipan

3. Pelaksanaan monitoring dan evaluasi pada Bidang Pembinaan dan Pengawasan Kearsipan
Bidang Pengelolaan Arsip Membantu Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip dalam melaksanakan tugas pada lingkup Bidang Pengelolaan Arsip 1. Penyiapan bahan perumusan kebijakan dalam Bidang Pegelolaan Arsip

2. Penyiapan bahan koordinasi perencanaan program dalam Bidang Pengelolaan Arsip

3. Pelaksanaan monitoring dan evaluasi pada Bidang Pengelolaan Arsip